Home » Informasi » Inilah Kandungan dan Manfaat Madu Murni atau Madu Mentah (Raw Honey)
Madu Mentah Murni

Inilah Kandungan dan Manfaat Madu Murni atau Madu Mentah (Raw Honey)

FaktaMadu.com – Mungkin Anda menyebutnya sebagai madu murni atau madu asli atau ada pula madu mentah. Namun, yang perlu Anda ketahui madu ini memiliki kondisi yang benar-benar fresh. Madu mentah tidak diolah dulu untuk bisa dipasarkan ke konsumen.

Karena sekarang ini banyak madu yang telah mengalami proses pasteurisasi untuk mengurangi gas yang dihasilkan oleh enzim yang ada di dalam madu mentah.

Selengkapnya soal proses pasteurisasi ini bisa di baca di artikel ini : Mengenal Proses Pasteurisasi Madu

Nah, ternyata banyak fakta yang ditemui di madu mentah ini. Dan sayangnya masih banyak masyarakat yang kurang mengerti akan kandungan manfaat yang ada di madu mentah ini. Sebagian besar masyarakat hanya mengenal madu ‘pabrikan’ yang dijual di toko-toko/minimarket/supermarket. Yang mana itu hanyalah madu ‘biasa’ yang sudah dilakukan proses pasteurisasi.

Singkatkan adalah hilangkan kandungan gizi, enzim dan vitamin yang ada di dalam madu.

Penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja kandungan dan khasiat yang ada di madu mentah atau madu murni ini. Sehingga nanti Anda bisa merubah konsumsi madu Anda dari yang awalnya madu ‘biasa/pabrikan’ ke madu murni/mentah.

Berikut ini beberapa kandungan yang ada di dalam madu mentah.

  • Kandungan Serbuk Sari (Bee Pollen)
    Dalam madu mentah atau murni yang baru saja dipanen, memiliki kandungan serbuk sari. Serbuk sari ini sangat banyak manfaatnya dan inilah yang sebenarnya menjadi nilai plus dari madu. Tanpa serbuk sari, kualitas madu menjadi biasa saja.Kalau madu hasil kemasan pabrikan, umumnya serbuk sari untuk dihilangkan melalui proses posteurisasi. Tujuannya agar tidak mengeluarkan gas yang bisa membuat bahaya saat dikemas (meledak).
  • Kandungan Anti Bakteri dan Anti Fungal
    Madu mentah terbukti memiliki kandungan anti bakteri dan anti fungal. Salah satu manfaatnya selain untuk kesehatan tubuh juga untuk kecantikan. Lantas ketika madu dilakukan proses pemanasan/penyaringan/pasteurisasi/pengeringan, semua anti bakteri dan anti fungal itu akan hilang.
  • Kandungan Anti Carsinogenic
    Madu mentah juga memiliki zat anti carsinogenic atau anti kanker. Zat ini sangat bermanfaat untuk pencegahan kanker. Madu mentah yang memiliki zat anti kanker dapat digunakan untuk terapi penderita kanker. Zat ini bisa mengurangi bahkan menghilangkan sel kanker.
  • Mampu Menstabilkan Kadar Gula Darah
    Jangan heran jika madu bisa menormalkan kadar gula darah. Banyak orang yang menderita diabetes justru mengkonsumsi madu mentah untuk menormalkan gula darah mereka.
  • Mampu Menurunkan Kolesterol
    Madu mentah juga dapat Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol LDL yang tinggi. Jangan khawatir, karena madu mentah murni memiliki zat yang dapat menormalkan kadar kolesterol.
  • Melancarkan Kesehatan Pencernaan
    Punya masalah dengan sistem pencernaan atau lambung, bisa diatasi dengan madu mentah. Dengan konsumsi madu mentah secara rutin, terbukti dalam melancarkan proses percernaan dalam tubuh. Yang punya penyakit maag pun juga tidak akan kambuh lagi. Selain itu dampaknya juga dalam melancarkan BAB.

Baca juga : Cara Mengatasi Sembelit Atau Susah Buang Air Besar Dengan Madu Murni

  • Kandungan Royal Jelly Tinggi
    Madu mentah memiliki kandungan royal jelly yang tinggi. Royal jelly ini adalah makanan khusus bagi ratu lebah. Di dalamnya sangat kaya nutrisi yang baik bagi tubuh manusia. Salah satu ciri jika madu mentah memiliki kandungan royal jelly adalah rasanya yang cukup asam.

***

Di bawah ini tabel perbedaan antara madu mentah dengan madu olahan.

Perbedaan Madu Mentah dan Madu Olahan

Perbedaan Madu Mentah dan Madu Olahan

Jadi tidak ada alasan lagi untuk mengkonsumsi madu mentah atau madu murni. Karena jika memang ingin mendapatkan khasiat yang sempurna dari madu, ya seharusnya konsumsi madu yang masih murni. Sebenarnya Madu olahan ‘pabrikan/kemasan’ itu juga baik, tetapi khasiat yang didapatkan tentu tidak sebaik yang ada pada madu mentah.

Semoga bermanfaat.