Home » Informasi » Mengapa Madu Mengeluarkan Gas, Buih dan Membuat Botol Menggelembung?
Botol Madu Menggelembung

Mengapa Madu Mengeluarkan Gas, Buih dan Membuat Botol Menggelembung?

FAKTAMADU.com, Madu Mengeluarkan Gas dan Buih – Pernahkah mengalami kalau madu yang Anda beli mengeluarkan gas ketika dibuka tutupnya? Jadi gas yang keluar seperti ketika membuka minuman yang berkarbonasi.

Atau mungkin Anda juga pernah melihat botolnya (bahan plastik) sampai menggelembung.

Kalau pernah, selamat, Anda telah membeli madu yang benar-benar asli atau murni.

Itu semua terjadi bukan tanpa sebab. Karena itulah ciri khas dari madu murni yang memang tidak melalui proses penyaringan atau apapun setelah dipanen. Berbeda dengan madu yang sudah mengalami proses penyaringan atau pasteurisasi, di mana tidak akan mengeluarkan gas.

Lalu pertanyaannya, mengapa madu mengeluarkan gas?

Jawabannya simple, karena madu tersebut masih memiliki kandungan enzim. Nah, enzim inilah yang membuat madu dapat mengeluarkan gas dan busa. Enzim dalam madu akan bekerja lebih aktif jika madu berada dalam suhu di atas 29 derajat celcius atau lebih, kadar air di atas 22 persen dan madu mengalami guncangan misalnya ketika proses pendistribusian.

Saya sendiri pernah punya pengalaman ketika membeli madu murni di salah satu peternak lebah. Saat madu sampai di rumah, ternyata botol menggelembung dan ketika dibuka gas pun keluar. Wajar itu ternyata, karena madu yang saya beli tersebut memang memiliki kadar air di atas 22 persen dan mengalami guncangan saat pengiriman.

buih madu

Amankah madu yang mengeluarkan gas?

Karena madu yang mengeluarkan gas berarti madu itu masih memiliki enzim, berarti ya aman-aman saja. Bahkan sangat direkomendasikan untuk Anda konsumsi. Karena saat ini banyak kesalahan di masyarakat dalam mengkonsumsi madu.

Banyak masyarakat justru mengkonsumsi madu olahan (pabrikan) yang notabene sudah dilakukan proses pasteurisasi. Proses ini adalah mematikan enzim yang ada dalam madu agar tidak mengeluarkan gas.

Baca juga : Mengenal Proses Pasteurisasi Madu

Dari segi khasiat, madu murni yang mengeluarkan gas berarti masih memiliki kandungan enzim dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Jadi isu jika madu yang mengeluarkan gas dan buih adalah madu yang kualitasnya jelek, itu adalah kesalahan besar. Justru madu yang seperti itu adalah madu yang masih memiliki kualitas baik. Karena Indonesia sendiri termasuk negara yang memiliki kelembaban udara yang cukup tinggi (80 RM). Sehingga wajar jika madu-madu yang ada di Indonesia itu mengeluarkan gas dan buih.