Home » Ternak Madu » Tantangan Yang Dihadapi Peternak Lebah Madu
Ternak Lebah madu
image via jempolkaki.com

Tantangan Yang Dihadapi Peternak Lebah Madu

FAKTAMADU.com –¬†Beternak madu tidaklah mudah, banyak tantangan yang akan dihadapi oleh para peternak. Tidak seperti yang dibayangkan orang, yang tinggal menempatkan media ternak lalu menunggunya hingga panen, tidak seperti itu.

Apalagi kalau ingin mendapatkan hasil madu yang berkualitas, proses ketika ternak pun sangat diperhatikan betul. Meskipun itu ternak skala kecil.

Kali ini FaktaMadu ingin memberikan informasi sedikit mengenai tantangan yang biasa dihadapi para peternak lebah madu. Harapannya dengan membaca informasi ini, Anda bisa mendapatkan solusi dan cara-cara mengatasinya. Meskipun tidak semua kendala bisa diatasi dengan mulus, karena ada yang disebabkan oleh faktor alam.

Baca juga : Ciri Bibit Lebah Madu Yang Berkualitas

Berikut ini beberapa kendalanya :

1. Faktor Cuaca

Kendala ini tidak bisa ditolak, karena sudah berhubungan dengan alam dan Sang Pencipta. Mengapa cuaca sangat berpengaruh? Karena lebah itu kan bergantung pada bunga, jika cuaca tidak menentu kadang membuat pohon tidak bisa berbunga. Jadi panen pun bisa terancam gagal.

Jadi wajar jika beternak lebah madu itu tempatnya berpindah-pindah. Karena menyesuaikan dengan cuaca dan musim berkembangnya pohon.

2. Hama

Beternak lebah madu juga dapat terserah hama lho. Hama ini dapat mengakibatkan koloni lebah dalam kotak keluar dan pergi dari sarangnya. Hama yang kerap melanda adalah kutu. Beberaap kali peternak lebah madu mengalami hama kutu ini dan mengakibatkan ternak lebah madunya gagal panen.

Jadi kalau memang ingin beternak lebah madu secara serius dan digunakan untuk bisnis satu-satunya, lebih baik dipertimbangkan secara matang. Persiapan yang matang juga penting.

3. Kondisi Lingkungan Masyarakat

Masih banyak masyarakat umum yang merasa terganggu dengan kahadiran lebah madu. Apalagi jika berada di area kebunnya, bisa-bisa lebah madu dianggap hama olehnya. Sehingga banyak masyarakat yang mengusir lebah madu. Padahal sejatinya tidak. Inilah faktor lingkungan masyarakat yang bisa menyebabkan ternak lebah madu menjadi terhambat.

Jadi kalau Anda memiliki peternakan lebah madu di kawasan yang banyak pemukiman lebih baik lakukan peizinan dengan warga sekitar.

Beternak lebah madu tidaklah mudah, Anda akan dihadapkan dengan ketidakpastian. Apalagi jika cuaca tidak menentu seperti sekarang ini. Tetapi yang terpenting adalah niati itu semua untuk beribadah. Madu sebagai obat paling mujarab dan telah tertulis dalam Al Qur’an, perlu dilestarikan. Dan peran petani-petani lebah madu ini sangat penting untuk membantu masyarakat mendapatkan obat mujarab ini.