Cara Mengeluarkan Dahak Pada Orang Dewasa

Mengeluarkan Dahak

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Orang Dewasa | Sangat tidak nyaman ketika tenggorokan kita terasa ada yang menyumbatnya, dan itu diakibatkan oleh dahak. Memang tidak semua orang bisa berdahak, tetapi beberapa orang kadang memiliki masalah dengan dahak yang susah dihilangkan.

Biasanya dahak datang ketika sedang batuk, atau bisa juga ketika hawa dingin karena alergi. Selain dapat membuat pernafasan terasa sulit, dahak juga tidak nyaman saat kita sedang berbicara. Kadang ketika sedang berbicara rasanya gatal di tenggorokan dan ingin di keluarkan. Tetapi tidak mudah untuk mengeluarkan dahaknya.

Nah, bagi yang punya masalah seperti ini, sebaiknya perlu tahu cara mengeluarkan dahak yang benar. Kamu bisa mencoba menggunakan cara herbal maupun dengan obat-obatan kimia. Dari sekian banyak cara, FaktaMadu ingin memberikan beberapa diantaranya, semoga nanti bisa membantu masalah kamu.

Cara Mengeluarkan Dahak dengan Konsumsi Antihistamin

Ini adalah obat yang bisa digunakan untuk mengurangi dahak yang membandel. Biasanya dahak yang diakibatkan oleh alergi, karena obat ini mampu menghambat senyawan histamin. Senyawa ini yang bisa mengakibatkan timbulnya reaksi alergi.

Biasanya reaksi alergi selain keluar dahak atau lendir yang banyak, juga membuat jaringan dalam hidung menjadi tersumbat. Kalau kamu ingin konsumsi obat ini sebaiknya dalam kondisi istirahat, karena obat ini dapat menyebabkan kantuk.

Cara Mengeluarkan Dahak dengan Konsumsi Dekongesten

Selain bisa konsumsi antihistamin, kamu juga bisa konsumsi obat ini. Namun yang perlu kamu tahu, cara kerja obat ini adalah mempersempit pembuluh darah, sehingga membatasi aliran darah dan juga menurunkan jumlah dahak yang ada di dalam saluran pernafasan.

Sebaiknya gunakan resep dokter jika ingin menggunakan obat ini. Karena efeknya cukup besar, seperti pusing, tekanan darah yang naik, dan lain – lain.

Obat ini ada yang oral ada yang berupa obat hirup.

Cara Mengeluarkan Dahak dengan Konsumsi Ekspektoran

Umumnya obat ini yang sering dikonsumsi orang. Karena ekspektoran ini kebanyakan sudah ada di dalam obat batuk. Dan biasanya orang yang berdahak karena batuk. Ekspektoran bisa membantu untuk membuat dahak lebih encer dan mudah keluar. Nah kadang ketika sudah konsumsi obat ini, kamu ketika batuk akan langsung disertai lendir dahak yang bisa langsung di keluarkan.

Obat ini cukup efektif, dan biasanya setelah menggunakan obat ini akan terasa efeknya apalagi setelah bangun tidur. Secara obat ini juga menimbulkan kantuk.

Cara-Menghilangkan-Dahak-di-Leher

Itu tadi cara yang menggunakan obat kimia, sedangkan cara herbal bisa dilakukan dengan :

Cara Mengeluarkan Dahak dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih ini pasti ada di setiap rumah, karena fungsinya sangat banyak. Salah satunya adalah bisa melegakan tenggorokan. Minyak kayu putih bukan untuk diminum tetapi untuk dihirup atau dioleskan di bagian leher dan dada.

Ini juga menjadi solusi pengganti dekongesten jika kamu tidak mau menggunakannya. Cukup dihirup saja, minyak kayu putih akan sangat membantu mengeluarkan dahak secara alami.

Cara Mengeluarkan Dahak dengan Konsumsi Jahe, Kencur, Lemon

Cara herbal lain yang cukup efektif adalah dengan mengkonsumsi jahe. Jahe yang memiliki karakter hangat di badan, dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak dalam saluran pernafasan. Kamu bisa konsumsi jahe dalam kondisi hangat.

Selain jahe, kamu juga bisa konsumsi kencur. Kamu bisa haluskan kencur dan ambil sarinya, minum dengan air hangat dan bisa dicampur madu. Selain dapat meringankan batuk, juga dapat membantu dahak untuk keluarkan dari kerongkongan.

Jeruk lemon juga bisa kamu gunakan, meskipun rasanya asam, tetapi sangat manjur untuk membantu meringankan dahak.

***

Pastikan kamu untuk selalu memperbanyak minum air putih, khususnya air hangat. Dengan minum-minuman yang hangat akan membuat nyaman di tenggorokan dan membuat dahak mudah keluar. Kurangi dulu yang manis-manis, karena itu akan membuat dahak semakin membandel.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *