Apa itu Madu Lanceng / Klanceng?

Di masyarakat kita, madu lanceng atau klanceng ini masih belum familiar. Bahkan banyak yang tidak tahu kalau madu lanceng ini tidak dihasilkan dari lebah madu pada umumnya (lebah madu yang punya fisik gemuk). Padahal, madu lanceng ini sudah ada sejak lama. Hanya saja dikarenakan pembudidaya madu ini belum banyak jadi tidak banyak juga yang tahu madu ini.

Madu lanceng ini dihasilkan dari lebah lanceng. Lebah yang memiliki bentuk fisik berbeda dengan lebah madu pada umumnya. Fisik lebah lanceng ini hampir mirip-mirip dengan lalat, ukurannya kecil berwarna hitam.

lebah klanceng

Madu lanceng ini juga punya sebutan lain, ada yang menamakannya sebagai madu kelulut, ada juga madu Trigona Spp. Biasanya lebah ini membuat sarang di bambu kering atau kayu yang sudah kering bahkan di tembok rumah. Kalau yang tinggal di desa yang masih banyak pohon-pohonan, biasanya di bagian rumahnya akan ada sarang lebah ini.

Sayangnya karena masih banyak yang tidak tahu kalau ini sebenarnya lebah madu, jadi kadang ada yang mengusirnya atau membiarkannya saja.

Lebah ini memiliki nama latin Apis Trigona Spp. Sarang lebah lanceng ini berbeda dengan lebah madu biasa, sarangnya lebih seperti gundukan dan telur-telur lebahnya juga ditaruh didekatnya. Lebah ini tidak memiliki sengat, tetapi lebah ini akan menggigit jika terganggu. Gigitannya pun tidak sakit, hanya saja menurut para pembudidaya lebih ini kadang menyerang daerah kepala manusia. Dan itu wajar.

Kemudian yang membedakan lagi dari lebah madu biasa adalah, sarangnya tidak bisa dikonsumsi. Jika madu lebah biasa, sarang bisa dikonsumsi oleh manusia. Tapi di lebah lanceng ini dari sarangnya hanya akan diambil propolisnya.

Tekstur rasa madu yang dihasilkan juga lebih ke manis dan asam, ada juga yang sedikit pahit. Tetapi madu lanceng ini punya rasa yang khas, berbeda dengan madu biasa.

Banyak yang mengatakan kalau madu lanceng ini memiliki khasiat lebih tinggi dibanding madu lebah biasa. Bahkan banyak yang menggunakan madu ini untuk terapi dan pengobatan penyakit kronis seperti diabetes, stroke, jantung, dan lain-lain.

Budidaya Lebah Lanceng

Sebenarnya budidaya lebah lanceng ini sangat mudah. Karena lebah ini bisa hidup di suhu kurang dari 32 derajat celcius. Untuk kondisi iklim di Indonesia sangat cocok. Tempat budidayanya pun juga mudah, cukup membuat sarang bisa dari batang bambu, kayu kering, atau bisa juga ditempatkan di kendil tertutup yang dikasih satu lubang saja.

Yang terpenting dari budidaya lebah lanceng ini adalah area budidayanya banyak pepohonan yang berbunga. Karena jika di area budidaya hanya sedikit pohon berbunga, biasanya lebah lanceng akan pergi dari area itu.

Tentu ini juga akan menjadikan kita untuk menanam pohon berbunga dan menjaga kelestarian pohon-pohon di sekitar kita.

Dari segi harga, madu lebah lanceng ini terbilang lebih mahal dari madu biasa. Untuk harga madu lanceng ukuran 250ml saja bisa sekitar 100rban. Hal ini dikarenakan budidaya lebah lanceng juga belum banyak. Sebenarnya ini peluang yang sangat bagus bagi yang ingin budidaya lebah madu. Lebah lanceng bisa dijadikan pilihan jika Anda punya area yang masih banyak pepohonan berbunga.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *