Mengapa Madu Ada Yang Rasanya Pahit?

Madu Pahit

Banyak orang yang menganggap kalau madu itu rasanya hanya manis saja. Hal ini dikarenakan hanya pernah mengkonsumsi madu yang dijual di toko-toko itu. Padahal madu yang dijual di toko-toko itu selamanya madu asli. Sudah menjadi rahasia umum kalau madu-madu itu memiliki campuran lain dan sudah diproses sedemikian rupa.

Sehingga yang ada di benak orang, madu itu ya manis.

Padahal madu itu punya berbagai macam karakter rasa. Ada tiga rasa utama : manis, kecut/asam, pahit. Nah, dalam setiap madu tidak melulu hanya manis saja. Kadang ada madu yang rasanya manis asam, ada juga yang manis pahit, tapi ada juga yang pahit saja.

Kok bisa madu rasanya pahit?

Ya bisa saja. Madu yang pahit itu memiliki kandungan alkaloid yang berasal dari sumber nektar bunga. Tahu sendiri lebah itu akan mencari nektar di berbagai bunga, tanpa pilih-pilih, kecuali bunga bank dan bunga desa.

Biasanya madu yang pahit berasal dari lebah-lebah hutan atau lebah yang dibudidaya di kawasan hutan.

Baca juga : Tantangan Budidaya Lebah Madu

Madu yang rasanya pahit dipercaya memiliki khasiat yang lebih bagus dibanding madu yang manis. Ini memang belum ada penelitian ilmiahnya, tapi dari banyaknya pengalaman pengguna, madu pahit memang berdampak lebih bagus untuk kesehatan.

Bahkan dipercaya mampu digunakan untuk mengobati sakit kronis, seperti jantung, ganggungan lambung, dan lainnya.

Karakter dari madu pahit ini tidak pahit seperti minuman atau makanan yang rasanya pahit. Tapi rasa pahitnya akan terasa sesaat madu ditelan dan rasa pahitnya akan lebih terasa di ujung lihat hingga pangkal. Untuk warnanya, madu pahit tidak selalu berwarna hitam. Ada juga madu pahit yang warna kekuningan (emas). Seperti madu klanceng yang ada karakter rasa pahitnya. Dan madu yang hitam pun tidak selalu pahit.

Baca juga : Apa itu Madu Klanceng?

Madu pahit ini meskipun memiliki banyak khasiat, tetapi banyak juga yang kurang suka. Dikarenakan rasanya yang pahit, dan juga kurang cocok jika ingin dicampur dengan minuman atau makanan. Kami sendiri lebih suka madu yang pahit, karena memang berbeda efeknya. Meskipun sama-sama bagus, madu pahit sangat cocok untuk lambung kami. Karena kami memiliki gangguan lambung (maag), sehingga madu pahit sangat cocok.

Jadi bagi Anda yang ingin konsumsi madu, madu yang rasa pahit ini bisa dicoba. Apalagi jika berniat ingin mengobati penyakit di tubuhnya dengan madu. Insha Allah bisa sembuh atau berkurang rasa sakitnya.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *