Cara Ternak Budidaya Lebah Klanceng / Lanceng / Trigona Sp

  • Whatsapp

Sobat FaktaMadu.com dimanapun Anda berada, budidaya lebah klanceng itu sangat mudah dilakukan. Di lain sisi, lebah jenis Trigona ini tidak memiliki sengat, sehingga kita tidak perlu khawatir untuk ternak lebah klanceng ini.

Secara umum membudidayakan lebah lanceng ini tidak membutuhkan skill khusus. Bahkan orang awam yang belum tahu soal dunia perlebahan pun dapat dengan mudah memulai ternak lebah Trigona ini, khususnya jenis Trigone Leaviceps.

Melalui artikel ini, kami ingin sedikit berbagi tips dan pengalaman kami membudidayakan lebah klanceng. Khususnya untuk Anda yang ingin hanya untuk keperluan konsumsi pribadi.

Baca juga : Apa itu Madu Lanceng / Klanceng?

Budidaya Lebah Klanceng

Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

1. Memastikan Vegetasi Mencukupi

Tentu yang pertama harus diperhatikan adalah vegetasi atau tanaman bunga yang menjadi sumber pakan lebah klanceng itu sendiri. Anda harus melihat kondisi tempat budidaya nanti memiliki vegetasi yang bagus setiap musimnya. Kalaupun masih sedikit, berarti Anda perlu mempersiapkan dulu.

Misalnya saja dengan menanami tanaman berbunga seperti bunga matahari, bunga kaliandra, bunga xanthostemon, dll. Akan lebih baik menanami tanaman bunga yang tidak perlu musim untuk berbunganya.

Vegetasi ini sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup lebah klanceng ini nanti. Kalau vegetasi kurang, bisa saja nanti lebah Anda akan kabur dari tempat budidaya atau bisa menyebabkan produksi madu menjadi lama.

2. Mempersiapkan Koloni

Kemudian setelah memastikan kondisi lingkungan sudah memiliki vegetasi yang bagus, maka bisa langsung mempersiapkan koloni lebah klancengnya. Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan.

Yang pertama, Anda bisa berburu sendiri sarang lebah klanceng di hutan atau tempat-tempat yang dirasa ada sarangnya. Setelah ditemukan kemudian bisa dipindahkan ke tempat budidaya Anda. Cara ini mungkin akan menyita waktu dan butuh kesabaran.

Yang kedua, bisa membeli koloni. Ini cara yang paling mudah dan umum dilakukan banyak pembudidaya. Yaitu dengan membeli koloni lebah klanceng yang sudah dan siap ditempatkan di tempat budidaya Anda. Koloni lebahnya ini sudah di tempatkan dalam stup (kotak) yang di dalamnya sudah terdapat 1 koloni lebah klanceng, ada ratu lebah, ada telur lebahnya, dan ada bakal madunya.

Telur Lebah Klanceng
Stup Lebah Klanceng – 1 Koloni sudah matang siap budidaya

Nah, cara yang kedua ini adalah cara yang mudah untuk Anda gunakan dalam memulai budidaya.

Beli koloni lebah klancengnya dimana?

Tidak perlu pusing, FaktaMadu.com juga menjual koloni lebah klanceng yang siap digunakan. Kami siap kirim ke tempat Anda dengan aman dan bisa langsung di tempatkan di lokasi budidaya Anda.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami melalui kontak WhatsApp berikut : 082323354848

3. Mempersiapkan Tempat

Sembari Anda mempersiapkan koloni lebahnya, Anda bisa mempersiapkan tempat untuk menaruh stup-stup koloni ini nanti. Akan lebih baik Anda menempatkannya ke arah yang berharap dengan vegetasi.

Tempat stup-stup ini bisa ditaruh rak-rak yang dibuat dari bambu, atau jika stup hanya sedikit, bisa membuat rak dengan besi siku. Taruh di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Pastikan tempatnya nanti dilindungi dengan kapur ajaib anti semut atau di bawah kaki-kaki rak bisa dikasih wadah yang diisi oli bekas. Tujuannya agar tidak ada semut yang masuk ke rak.

4. Perawatan

Setelah Anda sudah memiliki koloni yang di tempatkan di tempat budidaya Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan. Sebenarnya perawatan ini bukan perawatan ke lebahnya, tetapi perawatan tempat budidaya khususnya stup agar terhindar dari serangga.

Dari Anda memang harus rajin cek kondisi stup apakah ada semut/cicak/rayap yang mengganggu lebah klancengnya.

Kemudian yang tak kalah penting lagi adalah perawatan vegetasi. Anda harus memperhatikan kondisi vegetasi di sekitar tempat budidaya. Akan lebih baik jika Anda terus menanam tanaman bunga yang disukai lebah Klanceng. Semakin banyak vegetasinya, itu akan semakin bagus untuk perkembangan klanceng khususnya madunya.

Itu beberapa cara budidaya lebah Klanceng yang bisa kami sampaikan, semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda. Apabila ada kendala atau masalah yang ingin ditanyakan, silakan hubungi kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Khusus untuk Anda para pembaca FaktaMadu.com yang membutuhkan koloni klanceng, kami ada harga khusus. Silakan hubungi kami sekarang! Melalui kontak WhatsApp berikut : 082323354848

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *