Mengapa Madu Trigona (Klanceng) Harganya Lebih Mahal?

  • Whatsapp

Ini yang jadi pertanyaan banyak orang, mengapa madu trigona (klanceng/kelulut) harganya lebih mahal dibanding madu lebah jenis lain (melifera) yang manis itu? Di artikel ini FaktaMadu.com ingin menjelaskannya agar kamu semua bisa paham mengapa ada perbedaan harga yang cukup signifikan di jenis madu yang satu ini.

Sebelumnya perlu kamu ketahui dulu kalau Madu Trigona ini pada dasarnya sama-sama memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Yang namanya madu tentu semuanya bermanfaat, karena madu adalah hasil terbaik yang dihasilkan oleh lebah.

Bicara soal harganya yang bisa lebih mahal, ada beberapa kriteria…

Madu Trigona Lanceng

1. Memiliki Khasiat yang Lebih Bagus

Semua madu murni/asli, memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh. Tetapi madu trigona / lanceng ini memiliki khasiat yang lebih bagus dibanding madu jenis Melifera.

Yang berkembang di masyarakat sekarang ini bahwa madu trigona (lanceng) harganya lebih mahal disebabkan karena memiliki khasiat yang lebih bagus dibanding madu lebah jenis lain. Mungkin ini disebabkan karena kandungan fruktosa dan glukosa yang ada di dalam madu ini.

2. Produksi Sedikit

Selain itu juga banyak yang mengatakan kalau madu trigona belum banyak yang membudidayakan sehingga harganya lebih mahal. Sebenarnya bukan belum banyak, hanya saja memang produksi madu klanceng (trigona) ini tidak sebanyak madu jenis lain. Tentu ini berkaitan dengan karakteristik dari lebah Trigona Sp itu sendiri.

Jika madu dari lebah Apis Mellifera bisa menghasilkan madu sekitar 10 kg per koloni di setiap tahunnya, maka untuk lebah Apis Trigona ini hanya 1-2 kg per koloni di setiap tahunnya. Bisa dilihat perbandingannya sangat jauh.

Tetapi saat ini sebenarnya sudah banyak yang membudidayakan lebah trigona, karena memang karakteristiknya yang mudah dibudidayakan asal vegetasi mendukung. Selain itu juga tidak menyengat lebah ini, sehingga sangat gampang sekali.

3. Faktor Permintaan & Penawaran

Nah yang lebih masuk akal sebenarnya faktor permintaan dan penawaran akan madu trigona yang semakin hari terus naik. Ini diiringi dengan semakin sadarnya masyarakat akan khasiat minum madu.

Branding madu klanceng yang khasiatnya lebih bagus ini membuat banyak orang yang ingin mengkonsumsinya. Sehingga permintaan madu trigona ini meningkat, tetapi faktor ketersediaan madu juga tidak banyak. Sehingga inilah yang menjadikan harga madu trigona mahal.


Baca juga : Apa itu Madu Lanceng / Klanceng?

Mungkin itu beberapa penyebab mengapa harga madu klanceng mahal. Di setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda. Tetapi mohon dipastikan kalau beli madu lanceng, pilihlah yang benar-benar masih murni atau asli.

Buat apa beli madu yang harganya murah tetapi kualitasnya tidak bagus atau madu tersebut ternyata sudah tidak murni lagi dan asli lagi. Lebih baik beli madu yang harganya sedikit lebih mahal tapi benar-benar asli dan murni.

Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan referensi positif untuk Anda. Jangan lupa untuk terus konsumsi madu untuk kesehatan dan pengobatan tubuh kita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *