Mengenal Proses Pasteurisasi Madu

Pasteurisasi Madu

FaktaMadu.com – Di dalam industri pengolahan madu yang biasa dilakukan oleh para produsen madu kemasan, biasanya madu yang dijual sudah dilakukan proses pasteurisasi. Hal tersebut dilakukan agar produk madu kemasan tersebut sesuai dengan standar produksi untuk kepentingan distribusi.

Lalu apa itu proses pasteurisasi pada madu?

Pasteurisasi ini adalah proses pemanasan pada madu mentah (raw honey) dengan tujuan agar kadar air dalam madu mentah menjadi berkurang. Selain itu juga berfungsi untuk membunuh enzim dan microorganisme yang ada pada madu.

Karena enzim pada madu mentah dapat menghasilkan gas atau buih pada madu. Jadi kalau Anda membeli madu lantas didiamkan beberapa waktu botol plastik bisa menggembung atau bahkan tutupnya bisa meletup, berarti itu madu mentah yang belum diproses pasteurisasi.

Nah, kalau madu pabrikan yang akan dijual di toko-toko atau minimarket itu tidak dipasteurisasi, nantinya akan berbahaya jika ditaruh di etalase toko. Bisa-bisa botol pecah ketika didiamkan terlalu lama. Untuk itulah madu pabrikan biasanya akan dilakukan pasteurisasi dulu.

Kekurangan pasteurisasi

Sayangnya madu yang telah di pasteurisasi ini sudah tidak berpredikat sebagai madu mentah atau fresh lagi. Dan yang sebenarnya fatal adalah konsumen tidak akan mendapatkan khasiat madu yang benar-benar baik. Hal ini dikarenakan enzim dan microorganisme yang sangat bermanfaat bagi tubuh itu harus dihilangkan.

Jadi konsumen tidak bisa 100% menikmati madu yang benar-benar memiliki kandungan vitamin dan enzim-enzim yang bermanfaat itu.

Baca juga : Beli Madu Mentah Untuk Mendapatkan Manfaat Yang Maksimal

Perlu Anda ketahui, kadar air dalam madu yang ada di Indonesia ini rata-rata 21-28%. Dan agar enzim dalam madu tidak bekerja aktif, maka kadar air dalam madu harus di bawah 17%. Proses pasteurisasi inilah yang digunakan untuk menurunkan kadar air.

Jadi itulah proses pasteurisasi pada madu. Kelebihannya dapat membuat madu yang dijual di toko/minimarket/swalayan bisa lebih aman, tetapi kekurangannya madu yang sudah dipasteurisasi akan kehilangan vitamin dan enzim yang justru itu bermanfaat bagi tubuh.

Dari sini Anda tentu sudah paham ketika nanti akan membeli madu. Semoga bermanfaat.